Sunday 5 April 2015

tanda-tanda gunung akan meletus

tanda-tanda gunung akan meletus



Sahabat AnXcut3, Bagi yang tinggal di daerah pengunungan tentu harus waspada terhadap bencana gunung meletus. Mungkin bagi yang tidak mengetahui tanda-tandanya bisa dilihat di bawah:





Gempa

Terjadinya gempa lokal biasanya disebut gempa vulkanik. Gempa disekitar gunung berapi ini biasanya berfrekuensi kecil dan dalam jumlah banyak. Hal ini disebabkan oleh material dari inti bumi yang terus terdesak untuk keluar dari kawah gunung. Material yang bergerak ini mengeluarkan suara bergemuruh. Jika gerakannya kuat, akan disertai getaran.



Binatang bermigrasi

Hewan memang memiliki insting tajam dalam mengetahui suatu bencana. Biasanya beberapa hari sebelum bencana hewan-hewan akan berpindah tempat. Sementara, bagi yang tidak bisa berpindah seperti hewan ternak, akan bertingkah aneh dan sangat gelisah.

  

Mata air mengering

Akibat suhu yang meningkat, mata air di gunung itu biasanya juga ikut kering. Di beberapa kejadian, air yang keluar biasanya juga hangat-hangat kuku. Hal ini juga disebabkan karena adanya suhu panas yang kemudian mempengaruhi temperatur air.

  

Tumbuhan layu

Akibat panas yang mempengaruhi suhu sekitar gunung, tumbuhan yang ada di gunung berapi biasanya juga akan menggugurkan daunnya. Bahkan, ada beberapa yang mati layu.
Hal ini dikarenakan cadangan air yang tersimpan di tanah mengering atau berkurang drastis. Padahal, air adalah komponen penting tumbuhan untuk tetap hidup.
Mungkin itulah tanda-tanda gunungakan meletus, jadi bagi masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan harus mengetahuinya guna untuk antisipasi korban dari bencana alam gunung meletus.
OK, sekian dulu dari saya. Sampai jumpa postingan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment