Thursday 2 April 2015

Mitos gerhana bulan di masyarakat dunia

Mitos gerhana bulan di masyarakat dunia

Sahabat AnXcut3, Dibalik keindahannya gerhana bulan juga sering dikait-kaitkan dengan yang namanya mitos. Itu terjadi karena tradisi atau kepercayaan nenek moyang kita dan dilestarikan hingga jaman modern seperti sekarang ini. Berikut adalah mitos yang berkembang di masyarakat bahkan di dunia:

Mitos gerhana bulan di masyarakat dunia

Penyebaran racun di bumi
Di Jepang masyarakatnya percaya bahwa gerhana bulan adalah saat dimana para dewa mulai menebarkan racun hitam pekat ke seluruh penjuru dunia. Saking pekatnya racun tersebut membuat langit malam menjadi gelap total. Dengan kepercayaan tersebut masyarakat Jepang berbondong-bondong untuk melindungi sumur-sumur mereka agar tidak terkena racun yang tersebar, menutupi sumur dengan benda apa saja. Dan warga laki-laki kemudian berjaga ditepian sumur lengkap dengan samurai hingga gerhana bulan lewat.

Mitos gerhana bulan di masyarakat dunia

Bulan Terluka dan Berdarah
Menurut kepercayaan suku Hupa di utara California, terjadinya gerhana bulan merupakan pertanda bahwa bulan sedang terluka karena diserang oleh hewan peliharaannya sendiri. Orang suku Hupa percaya bahwa bulan memiliki 20 istri dengan banyak hewan peliharaan seperti ular dan singa. Namun ketika bulan terlambat atau tidak memberi mereka makan, maka hewan-hewan itu akan menyerang bulan dan mengakibatkannya berdarah. Setelah berdarah, maka istri-istrinya menyembuhkan bulan dan juga menjaganya dari serangan hewan peliharaan serta memulihkan kesehatannya.


Mitos gerhana bulan di masyarakat dunia

Setan turun ke bumi
Dikabarkan suatu kali di Prancis, bahwa salah satu tewas dalam histeria dan ketakutan. Dikarenakan disaat dia sedang tidur mendadak terbangun dalam gelap, dan saat melihat keluar jendela tak terlihat bulan. Louis pun tewas setelah sebelumnya berteriak-teriak keras bahwa setan sebentar lagi akan turun ke dunia.


Mitos gerhana bulan di masyarakat dunia

Penampakan ibu bulan
Menurut kepercayaan suku Indian, munculnya gerhana bulan merupakan tanda bahwa "Ibu" bulan tengah menampakkan diri. Kehadirannya tersebut dipercaya sebagai pembawa penerangan dan membersihkan energi, jiwa, emosional dan spiritual manusia, khususnya para wanita yang ada di bumi.

Mitos gerhana bulan di masyarakat dunia


Munculnya raksasa
Menurut sejumlah kepercayaan yang beredar di Jawa, gerhana adalah pertanda adanya raksasa buto kala yang memakan bulan atau ada juga yang menyebutkan sebgai pemangsa balita. Untuk mengusir sang buta kala, biasanya masyarakat sekitar akan menabuh lumpang. Para wanita hamil turut mengolesi perutnya dengan abu sisa pembakaran di dapur dengan harapan anak yang dikandung tidak dimakan atau tidak seperti buto.

Mitos gerhana bulan di masyarakat dunia


Jaguar pemakan bulan
Hampir mirip dengan kepercayaan Jawa, suku Inca kuno percaya bahwa gerhana bulan adalah pertanda bahwa yakni jaguar akan memakan bulan. Menurut tulisan bangsa Spanyol terdahulu, bangsa Inca takut setelah jaguar memakan bulan, hewan ini akan turun ke bumi dan memangsa semua manusia. Oleh karena itu, untuk mengusir jaguar itu suku Inca akan membuat suara yang sangat gaduh dengan menabuh segala hal sampai berteriak-teriak sepanjang malam saat terjadinya gerhana.
Mungkin masih banyak lagi mitos-mitos yang lain, tapi jika dijelaskan semua bakal nggak kelar-kelar nanti. Jadi sekian dulu postingan dari saya. Dan ini adalah sekedar tambahan jadwal gerhana bulan tanggal 4 april 2015 di indonesia:

Indonesia Timur (19.15 – 22.45 WIT) :

19.15   : Kontak Awal Gerhana Bulan Sebagian
20.54   : Total Awal Gerhana Bulan
21.00   : Total Puncak Gerhana Bulan (max)
21.06   : Total Akhir Gerhana Bulan
22.45   : Kontak Akhir Gerhana Bulan Sebagian

Indonesia Tengah (18.15 – 21.45 WITA) :

18.15   : Kontak Awal Gerhana Bulan Sebagian
19.54   : Total Awal Gerhana Bulan
20.00   : Total Puncak Gerhana Bulan (max)
20.06   : Total Akhir Gerhana Bulan
21.45   : Kontak Akhir Gerhana Bulan Sebagian

Indonesia Barat (17.15 – 20.45 WIB)

17.15* : Kontak Awal Gerhana Bulan Sebagian
18.54   : Total Awal Gerhana Bulan
19.00   : Total Puncak Gerhana Bulan (max)
19.06   : Total Akhir Gerhana Bulan
20.45   : Kontak Akhir Gerhana Bulan Sebagian

Keterangan:

*Bulan belum terbit untuk wilayah Indonesia Barat saat kontak awal gerhana bulan sebagian, dan akan terbit sekitar pukul 18.00 WIB diarah timur langit.


No comments:

Post a Comment